SEBANYAK 29 PERGURUAN TINGGI NEGERI DAN SWASTA HADIRI CAMPUS EXPO 2023 UNTUK MANTAPKAN BIDANG MINA

SHARE

 

Campus Expo 2023 yang diselenggarakan di SMKN 10 Surabaya ini mungkin berbeda dengan penyelenggaraaan Campus Expo di beberapa lembaga pendidikan lainnya  karena di SMKN 10 ini diprakarsai oleh siswa kelas 12 jurusan ULW (Usaha Layanan Wisata ) kerjasama dengan BKK (Bursa Kerja Khusus) dan  BK. Kegiatan yang digelar di area lapangan olah raga yang disulap menjadi arena pameran pendidikan ini berlangasung dengan sangat meriah di komplek Gedung SMKN 10 Surabaya  Jln. Keputih Tegal  Kecamatan Sukolilo Surabaya pada tanggal 7-8 Maret 2023. Ikut berpartisipasi sebanyak 7 Perguruan Tinggi Negeri  dan 22 Perguruan Tinggi Swasta dari Surabaya, Madura dan kota-kota di sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung dengan sukses dan sangat meriah. Kerjasama dengan Perguruan Tinggi sebagai Undangan Peserta Campus Expo dan beberapa perusahaan sebagai sponsor semua dilakukan oleh Siswa SMKN 10 Surabaya kelas 12 Jurusan ULW sebagai tugas proyek untuk mata pelajaran MICE ( Meeting, Incentive, Convention and Exibition ) yaitu menyelenggarakan sebuah event. Kegiatan ini patut diapresiasi dimana siswa kelas 12 jurusan ULW dididik untuk memiliki jiwa enterpreneurship sejak dini dan memiliki rasa tanggug jawab , kemampuan berkolaborasi dan jiwa kepemimpinan yg bagus.  
Campus Expo yang diselenggarkakan di SMKN 10 Surabaya tersebut juga dihadiri oleh beberapa siswa kelas 12 dari sekolah-sekolah anggota Sub Rayon SMKN 10 Surabaya dan sekolah-sekolah di sekitarnya diantaranya dari SMKN 7 Surabaya, SMK 17 Agustus 1945 Surabaya, SMK IPIEM Surabaya, SMK Arif Rahman Hakim Surabaya, SMK Gama Cendekia Surabaya, SMK Adhikawacana Surabaya, SMK Wachid Hasyim Surabaya, SMK Prapanca 1 Surabaya, SMK Prapanca 2 Surabaya dan SMK Ketintang Surabaya.
Masing-masing Perguruan Tinggi diberi kesempatan menyampaikan materi promosi /program yang ada di Perguruan Tinggi kepada para pengunjung yang datang khususnya siswa SMKN 10 Surabaya. Tujuan dari kegiatan tersebut salah satunya adalah memperkenalkan perguruang tinggi  kepada calon mahasiswa mulai fakultas apa saja yang tersedia , pilihan program studi, serta jalur masuk sehingga dapat menjadi referensi bagi calon mahasiswa  baru untuk mendaftar pada perguruan tinggi tertentu. Tidak hanya Perguruan Tinggi yang dihadirkan pada kegiatan Campus Expo tersebut, tetapi juga lembaga-lembaga Kursus dan pelatihan kerja /pendidikan keahlian  misalnya kursus  komputer, aplikasi perkantoran, desain grafis ,desain teknis . Sekolah Pramugrari, Kursus Pramugari Kereta Api dan lain-lain juga ikut mendukung lulusan siswa SMK tertutama kelas 12 dan persiapan siswa Kelas 10 dan 11.
Mengawali  acara pembukaan Campus Expo Kepala Sekolah SMKN 10 Surabaya               H. Kamus , SPd, MM menyampaikan bahwa penyelenggaraan kegiatan ini sangat didukung oleh sekolah dengan tujuan untuk mengarahkan   dan menata siswa memasuki  jenjang pendidikan yang lebih tinggi setelah Pandemi Covid 19 yang berlangsung hampir 2 tahun berhenti. Pembelajaran diekolah dengan daring sudah saatnya digantikan dengan pola-pola yang lebih tepat dan memberi peluang mendatangkan Perguruan Tinggi secara tatap muka sehingga memungkinkan terjadinya interaksi secara langsung dan berkonsultasi dengan siswa yang sebentar lagi menyelesaikan pendidikan menengahnya untuk mendukung lulusan SMKN 10 Surabaya sebanyak 856 siswa untuk tahun pelajaran 2022-2023.
Demikian harapan dari siswa-siswi SMKN 10 Surabaya kegitan ini diselenggarakan setiap tahun karena siswa akan mendapatkan  dengan lengkap langsung dari perguruan tinggi tersebut yang kadang-kadang setiap tahunnya mengalami perubahan.  Siswa akan menjadi lebih tahu dari awal. Harapan lainnya adalah konsepnya lebih ditingkatkan terutama jumlah pergururuan tinggi yang dapat berpartisipasi, pengunjung dari siswa dan juga materi hiburannya. Pengunjung Campus Expo juga berharap perguruan tinggi seperti Universitas Terbuka dapat dihadirkan untuk mendapatkan informasi tentang  perguruan tinggi yang dapat memungkinkan ditempuh sambil bekerja.